Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari WhatsApp

2 min read

Sangat mudah untuk secara tidak sengaja menghapus foto di WhatsApp. Setelah satu ketukan yang salah, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikan gambar WhatsApp yang Anda hapus.

Mari kita lihat bagaimana memulihkan foto yang dihapus dari WhatsApp. Kami akan melihat metode yang memungkinkan untuk mendapatkan kembali foto Anda dan apa yang harus Anda ketahui tentang skenario yang tidak menguntungkan ini.

Cara Memulihkan Gambar WhatsApp yang Tersimpan Secara Otomatis
Secara default, pada Android dan iPhone, WhatsApp akan secara otomatis mengunduh gambar dari obrolan Anda ke perangkat Anda. Jadi, tempat pertama yang harus Anda periksa untuk mendapatkan kembali foto yang dihapus dari WhatsApp adalah aplikasi foto ponsel Anda.

Di Android, lihat ke dalam aplikasi Galeri atau Foto Google. Pengguna iPhone harus melihat di Foto. Untuk membantu mempersempit pencarian Anda, alihkan ke tab Album dan cari WhatsApp . Anda juga dapat menggunakan alat pencarian dari aplikasi galeri Anda untuk memeriksa waktu pengiriman gambar, jika Anda mengingat informasi itu.

Jika Anda menemukan foto WhatsApp Anda yang terhapus, Anda beruntung! Anda masih memiliki salinannya dan dapat mengirim atau membagikannya ke mana pun Anda suka. Pastikan untuk mencadangkannya sehingga Anda tidak kehilangannya secara permanen.

Jika Anda tidak melihat foto di sini, tetapi Anda menggunakan penyimpanan cloud di ponsel Anda, masih ada harapan. Jika Anda menggunakan fitur unggah kamera otomatis dari aplikasi penyimpanan awan Anda, ada kemungkinan WhatsApp mengunduh gambar itu sendiri, kemudian aplikasi penyimpanan awan Anda mengunggahnya secara otomatis.

TRENDING :   2 Aplikasi Sadap WhatsApp Terbaik dan Canggih

Periksa di dalam Unggahan Kamera , Rol Kamera , atau folder serupa dari layanan penyimpanan cloud Anda dan Anda mungkin menemukan gambar di dalamnya.

Cara Memulihkan Gambar WhatsApp Dari Orang Lain
Memulihkan gambar yang dihapus dari WhatsApp tanpa cadangan mungkin masih lebih mudah dari yang Anda kira. Anda selanjutnya harus memeriksa untuk melihat apakah orang (atau orang) yang Anda ajak bicara memiliki salinan pesan dengan foto yang hilang terlampir. Jika Anda mengunggah gambar ke obrolan WhatsApp dan kemudian menghapusnya untuk Anda sendiri, orang lain di obrolan grup (atau mitra obrolan Anda) masih dapat menyimpannya di perangkat mereka.

Minta orang tersebut untuk memeriksa obrolan WhatsApp mereka untuk gambar tersebut. Jika mereka memilikinya, mereka dapat meneruskan gambar tersebut kepada Anda, atau bahkan menyimpannya ke telepon mereka dan menyebarkannya menggunakan email atau layanan perpesanan lainnya. WhatsApp memungkinkan Anda melihat semua media yang dibagikan dalam obrolan dengan mengetuk namanya di bagian atas dan memilih Media, tautan, dan dokumen .

Hanya karena Anda mengetuk Hapus Untuk Saya pada foto di WhatsApp, bukan berarti foto itu hilang untuk semua orang. WhatsApp hanya menampilkan opsi Hapus Untuk Semua Orang selama sekitar satu jam setelah Anda mengirim pesan, sehingga lebih sulit untuk ditabrak secara tidak sengaja.

Adalah bijaksana untuk meminta orang untuk memulihkan gambar WhatsApp untuk Anda sesegera mungkin. Semakin lama Anda menunggu, semakin besar kemungkinan orang lain juga menghapus gambar, kehilangannya ketika mereka beralih ke telepon baru, atau serupa.

TRENDING :   Aplikasi Buat Video Viral Nationality Challenge

Cara Mengembalikan Foto yang Dihapus Dari Cadangan WhatsApp
Jika tidak ada orang lain yang memiliki salinan gambar Anda yang terhapus, cara terbaik berikutnya untuk memulihkan foto WhatsApp yang hilang adalah melalui cadangan. Baik WhatsApp versi Android dan iOS mendukung pencadangan (masing-masing ke Google Drive dan iCloud). Jika Anda belum lama kehilangan foto, memulihkan cadangan WhatsApp terbaru adalah pilihan terbaik Anda.

Tentu saja, Anda harus mengaktifkan fitur cadangan WhatsApp sebelum menghapus gambar agar ini berfungsi. Jika Anda belum pernah membuat cadangan sebelumnya, metode ini bukanlah pilihan.

Pertama, buka Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan. Anda akan melihat informasi di sini, termasuk kapan pencadangan terbaru dijalankan dan seberapa sering Anda disetel untuk mencadangkan data. Jika Anda menghapus gambar sejak pencadangan terakhir, Anda dapat menghapus dan menginstal ulang WhatsApp untuk memulihkan cadangan dan dengan demikian memulihkan gambar Anda.

Cukup hapus instalan aplikasi dari perangkat Anda, lalu instal ulang salinan WhatsApp baru dari App Store atau Google Play. Anda harus mengonfirmasi nomor telepon Anda lagi, lalu Anda akan melihat permintaan untuk memulihkan data Anda dari cadangan, jika ada. Terima ini, dan WhatsApp akan memulihkan semua pesan Anda seperti pada saat pencadangan.

Perhatikan bahwa melakukan ini akan menyebabkan Anda kehilangan semua pesan WhatsApp yang telah Anda tukarkan sejak pencadangan terakhir. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menyimpan atau mengambil tangkapan layar pesan penting apa pun sebelum Anda memulihkan cadangan lama untuk mendapatkan kembali gambar Anda. Sekali lagi, waktu sangat penting di sini. Jika cadangan lain berjalan setelah Anda menghapus foto, kemungkinan besar Anda kurang beruntung.